Jahe adalah jenis tanaman herbal yang sudah sangat terpercaya khususnya masyarakat Indonesia. Hal ini bisa terlihat pada olahan jahe yang biasa dinikmati sebagai minuman hangat disaat cuaca sedang dingin. Sifat jahe yang bisa menghangatkan badan ini, telah banyak digunakan oleh produsen obat-obatan sebagai bahan racikan. Berikut beberapa manfaat jahe.

Manfaat Jahe
Manfaat Jahe

Manfaat jahe untuk kesehatan

Sebagai salah satu tanaman herbal, jahe menyimpan berbagai macam zat yang baik bagi tubuh. Berikut ini adalah diantaranya :

  • Menghangatkan tubuh

Sifat jahe yang hangat dapat membantu meningkatkan suhu tubuh anda. Minuman olahan jahe yang sering dinikmati yaitu wedang jahe memang sudah menjadi konsumsi wajib bagi penduduk daerah pegunungan. Selain itu jahe juga memiliki anti toksin dengan lewat keringat yang dikeluarkan, serta membantu mengobati batuk dan masuk angin.

Manfaat Jahe
Manfaat Jahe
  • Pencegahan Kanker

Ekstrak jahe ternyata dapat menekan pertumbuhan sel kanker, seperti mencegah penyebaran gejala kanker kulit, kanker patu-paru, kanker pankreas, dan kanker ginjal.

  • Mengatasi Masalah Pernafasan

Masalah pernafasan yang paling sering diderita sebagian orang adalah batuk dan pilek. Jahe termasuk jenis obat alami yang berfungsi dalam melegakan sistem pernafasan, dengan cara memecah dan menghilangkan dahak agar bisa dengan mudah keluar serta memulihkan sistem pernafasan.

Manfaat Jahe
Manfaat Jahe
  • Melancarkan Pencernaan

Saat ada acara-acara perayaan, mungkin kita secara tidak sadar memakan banyak makanan. Pilihlah minuman jahe yang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa makanan. Jahe akan menyerap sisa makanan yang kemungkinan membuat anda sakit perut serta mengurangi peradangan.

  • Mengatasi Memar dan Rasa Nyeri

Ketika tubuh anda mengalami sebuah benturan benda tumpul terkadang menyebabkan memar. Senyawa di dalam jahe merupakan anti inflamasi, sehingga dapat digunakan untuk meredakan nyeri secara alami akibat benturan tersebut. Manfaat jahe dengan kandungan anti inflamasi juga bisa mengurangi nyeri pada gejala penyakit reumatik.

Manfaat jahe untuk perawatan kecantikan

Manfaat Jahe
Manfaat Jahe
  • Menghilangkan kulit berminyak

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata jahe juga bermanfaat untuk kecantikan. Bahan mineral alami pada jahe dipercaya ampuh mengurangi kulit yang cenderung berminyak. Berikut cara membuatnya :

  1. Campur bahan-bahan yaitu jahe parut, garam laut, bubuk kayu manis, dan pala bubuk.
  2. Haluskan bahan tersebut dengan menambahkan sedikit air hingga seperti pasta.
  3. Kemudian oleskan pada bagian wajah yang berminyak seperti hidung dan pipi.
  4. Lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  5. Bilas dengan air dingin sampai bersih
  • Menghilangkan ketombe

Sari jahe dapat digunakan sebagai bahan pencuci rambut alami yang membantu mengurangi ketombe. Ekstrak jahe ini juga dapat mencegah timbulnya kerontokan pada rambut anda serta membuat rambut anda lebih sehat.

Itulah beberapa manfaat jahe untuk tubuh dan sebagai perawatan kecantikan, semoga bisa memberi informasi dan pengetahuan baru bagi anda.

LEAVE A REPLY