Berbicara tentang cinta, boleh jadi nostalgia pikiran kita akan terbawa ke masa muda, boleh jadi juga romantisme kita kembali terbang ke film “Ada Apa Dengan Cinta” yang baru-baru ini tengah nge-hits kembali karena si Cinta yang sudah ketemu dengan Rangga kembali. Masalah cinta, sepertinya setiap orang pasti memiliki pengalamannya tersendiri, mulai dari yang manis hingga ke pahitnya. Cinta menyimpan sejuta romantisme kenangan yang tak pernah lenyap hingga ujung kehidupan. Kalau sudah membicarakan tentang cinta seperti ini, bisa jadi remajalah ahlinya. Kehidupan remaja hari ini banyak sekali digambarkan dengan bentuk kehidupan yang penuh dengan tema percintaan. Kita bisa lihat dalam berbagai sinetron di televisi, kalau sudah menyangkut remaja, hampir semua tema yang diangkat adalah tentang cinta. Namun dari sekian pengalaman kita tentang cinta, apakah kita tahu arti sebenarnya dari cinta? Apa yang dimaksud dengan cinta? Jangan-jangan kita pun masih sulit mendefinisikannya.

Apa yang dimaksud dengan cinta
Apa yang dimaksud dengan cinta

Untuk memahami definisi apa yang dimaksud dengan cinta, Salah satu caranya kita bisa melihat pada film-film bollywood. Mengapa? Karena banyak sekali film negeri Shahruk Khan tersebut yang mengumbar romantisme percintaan. Sebut saja “Kuch-Kuch Hota Hai” atau “Mohabbatein”, sebuah film yang menyimpan sejuta gambaran tentang definisi cinta yang tentu nostalgianya masih tersimpan dalam hati para pengagum cinta.  Banyak sekali quote percintaan dari film bollywood yang begitu melegenda. Nah berikut ini beberapa definisi cinta yang bisa kita pahami dari film-film bollywood :

Cinta adalah persahabatan ( Rahul : “Kuch-kuch Hota Hai”)

Apa yang dimaksud dengan cinta
Apa yang dimaksud dengan cinta

Persahabatan ternyata menjadi bagian dari definisi cinta. Film “Kuch kuch Hota Hai”, menggambarkan persahabatan sekaligus percintaan antara Rahul, Tina dan Anjeli. Dari dalam film dapat dipahami bahwa mengenai Apa yang dimaksud dengan cinta adalah sebuah tali persahabatan. Persahabatan antara Rahul, Tina dan Anjeli adalah salah satu perwujudan dari cinta.

Cinta adalah kasih Tuhan yang menjelma dalam diri manusia (Raj : “Rab Ne Bana Di Jodi”)     

Apa yang dimaksud dengan cinta
Apa yang dimaksud dengan cinta

 Cinta dengan segala logika rasanya merupakan penjelmaan dari sifat Maha Kasih Tuhan. Kasih Tuhan adalah bagian jawaban dari Apa yang dimaksud dengan cinta. Menurut Raj dalam film tersebut, mengapa kita bisa jatuh cinta pada seseorang, sederhananya karena kita melihat sifat Tuhan dalam diri orang yang kita cintai tersebut.

Cinta adalah sesuatu yang abadi dan tak kan pernah mati meskipun manusianya telah mati (Raj Malhotra : “Mohabbatein”)

Apa yang dimaksud dengan cinta
Apa yang dimaksud dengan cinta

Mohabbatein merupakan salah satu film romantis yang bisa membuat hati menangis. Cinta adalah sesuatu yang terus tersimpan abadi dalam sanubari. Kisah cinta akan selalu ada meski yang bercinta telah tiada. Lantas Apa yang dimaksud dengan cinta? Cinta adalah keabadian.

Cinta adalah sesuatu yang membedakan antara manusia baik dan manusia jahat (Khan : “My Name Is Khan”)

Orang menjadi baik karena memiliki cinta di hatinya, sedangkan orang menjadi jahat karena hampa cinta di hatinya. Cinta adalah kebaikan terhadap sesama. Perbuatan baik terhadap sesama bisa menjadi wujud dari apa yang dimaksud dengan cinta.

Cinta adalah kesetiaan hati (Veer : “Veer Zaara”)

Apa yang dimaksud dengan cinta
Apa yang dimaksud dengan cinta

Waktu dan jarak tidak pernah mampu membelenggu cinta. Meski tak bersama, cinta selalu menyimpan rasa setia. Tak ada cinta bila tak setia, tak ada setia yang tak dilandasi cinta. Waktu adalah bahan bakar cinta, karena di dalam waktu bijih kesetiaan tengah ditempa, menunggu untuk menjadi pusaka. Makna terdalam Apa yang dimaksud dengan cinta? Cinta adalah pusaka yang terbuat dari bijih setia.

Cinta adalah Keluarga (Yadein)

Apa yang dimaksud dengan cinta
Apa yang dimaksud dengan cinta

Keluarga menjadi bagian terpenting dari bentuk cinta. Film Yadein menunjukkan bahwa ikatan kekeluargaan senantiasa disimpul oleh tali cinta. Apa yang dimaksud cinta pada keluarga? Adalah ketika kita mampu memberikan waktu tuk sekadar berbicara dari hati-ke hati antar manusia yang terbentuk dari darah yang sama.

Cinta adalah pengorbanan (Dhadkan)

Apa yang dimaksud dengan cinta
Apa yang dimaksud dengan cinta

Atas nama cinta kita bisa melakukan segalanya. Dengan cinta segala batasan bisa tak menjadi alasan. Film Dhadkan menunjukkan bahwa segala sesuatu yang dilandasi oleh rasa cinta akan mampu menghasilkan kekuatan tak terkira karena jiwa berkorban seperti tak ada matinya. Apa yang dimaksud dengan cinta adalah ketika ada pengorbanan yang berani kita keluarkan.

Cinta adalah nasionalisme (Phir Bi Dil Hai Hindustani)

Apa yang dimaksud dengan cinta
Apa yang dimaksud dengan cinta

Perjuangan bagi negara bisa menjadi makna dari apa yang dimaksud dengan cinta. Sebagai warga negara yang baik, sudah tentu harus siap mengabdi kepada negara dan bangsa tercinta. Oleh sebab itu nasionalisme merupakan bagian dari cinta itu sendiri.

Nah itulah beberapa definisi tentang Apa yang dimaksud dengan cinta. Cinta ternyata tidak hanya berbicara tentang ungkapan-ungkapan gombalan semata yang menyangkut pasangan atau gebetan, namun lebih luas daripada itu. Benang merahnya adalah bahwa cinta itu ternyata tidak hanya berbicara ungkapan tentang rasa suka belaka, melainkan juga tentang sikap dan tindakan nyata terhadap suatu hal yang menjadi sasaran perasaan suka kita. Sedangkan sasaran cinta bisa banyak hal, mungkin pasangan, keluarga, negara dan lain sebagainya. Namun yang pasti tidak ada hidup yang tidak terdapat cinta di dalamnya, bahkan ketika mati kita masih membawa cinta untuk-Nya.

LEAVE A REPLY