Multitasking adalah suatu kata yang diambil dari istilah komputer dan memiliki arti yang sama yaitu melakukan 2 atau lebih pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. Bagi seorang yang terlampau sibuk dan memiliki pekerjaan cukup banyak dalam sehari, kemungkinan besar mereka akan melakukan multitasking. Sebagian besar orang mengira bekerja multitasking adalah sistem melakukan pekerjaan dengan waktu yang lebih cepat karena dapat menyelesaikan 2 pekerjaan sekaligus.

Bekerja Multitasking
Bekerja Multitasking

Padahal, otak kita tidak dirancang untuk melakukan multitasking. Kinerja otak justru akan melambat dan berpengaruh pada tingkat kecerdasan atau IQ yang berkurang jika kita terbiasa bekerja multitasking. Otak kita memiliki keterbatasan kemampuan jika melakukan dua hal sekaligus. Oleh karena itu, mengakibatkan pekerjaan kita menjadi tidak maksimal dan informasi tidak terserap dengan baik. Contohnya saja jika ada anak yang belajar sambil menonton TV. Sebagian orang menganggap hal tersebut lumrah saja karena memang seperti itu gaya belajar sang anak. Padahal, multitasking seperti itu bisa mengakibatkan informasi salah masuk ke salah satu bagian sel otak yang bukan seharusnya. Akibatnya, kesalahan informasi lama kelamaan mengganggu memori anak dan melemahkan daya pikir. Bahaya juga bukan?

Bekerja Multitasking
Bekerja Multitasking

Salah satu penelitian di Universitas Hongkong mengatakan bahwa seorang yang terbiasa bekerja multitasking akan lebih baik dalam mengorganisir informasi karena memang kebiasaan mereka yang menyerap banyak informasi dalam sekejap. Padahal, kualitas pekerjaan mereka belum tentu sesuai dengan yang diharapkan. Memang, dampaknya belum terlihat di awal namun bisa berakibat sangat buruk di akhir jika tidak segera mengubah cara melakukan pekerjaan.

Bekerja Multitasking
Bekerja Multitasking

Penelitian juga menunjukkan bahwa bekerja multitasking tidak membuat pekerjaan lebih cepat selesai justru sebaliknya. Dibuktikan dari eksperimen melakukan 2 pekerjaan sekaligus dan melakukan satu pekerjaan hingga selesai lalu melanjutkan pekerjaan lainnya. Ternyata, hasilnya lebih cepat dan efektif jika melakukan satu pekerjaan hingga selesai, lalu melanjutkan pekerjaan lainnya.

Bekerja Multitasking
Bekerja Multitasking

Multitasking membuat kita secara tidak sadar dapat merusak hubungan dengan orang lain. Seperti contoh jika kita sedang mengobrol dengan orang lain kemudian ada pesan masuk dan kita mengutamakan untuk membalasnya, hal tersebut membuat orang lain merasa kita lebih mementingkan pesan. Mereka akan berpikir kita tidak bisa menghargai orang yang ada di depannya. Kamu tidak ingin dianggap tidak sopan bukan? Bahkan, kita bisa tidak menyadari kejadian di sekitar kita jika otak dipaksa fokus terhadap dua hal. Misalnya saja kamu sedang berjalan sambil bermain ponsel, kamu bisa saja tidak menyadari adanya teman kamu yang juga berjalan di dekatmu.

Bekerja Multitasking
Bekerja Multitasking

Terakhir, multitasking jelas membuat Anda lebih stres daripada mengerjakan satu pekerjaan saja. Telah terbukti dari penelitian di California bahwa denyut jantung akan meningkat ketika melakukan 2 hal sekaligus.

 

LEAVE A REPLY