Banyuwangi dulunya hanya dikenal sebagai kota di Jawa Timur yang berfungsi untuk transit ke Pulau Bali. Wisata alamnya yang tersembunyi masih belum digali dan dikenal rakyat luas. Berbeda dengan sekarang, pesona alamnya sangat menyejukkan mata. Tak kalah dengan Pulau Bali, turis-turis bahkan sudah banyak yang mengexplore keindahan kota ini. Kota yang dijuluki The Sunrise of Java ini sudah dianugerahi sebagai Excellence and Innovation in Tourism pada UNWTO Awards. Tak perlu lagi kalian jauh-jauh ke luar negeri, cukup pesona Banyuwangi bak surga dunia yang bagus dijadikan tempat foto dan tentunya instagramable. Berikut pesona-pesonanya yang bisa jadi rekomendasi untuk tempat liburan kalian!

Pantai Plengkung

Pesona Banyuwangi
Pesona Banyuwangi

Jika kalian mencari spot untuk surfing, disini tempatnya! Jangan ragu, Pantai Plengkung ternyata menjadi spot surfing terbaik di Asia Tenggara dan masuk salah satu dari 7 ombak terbaik di dunia. Jika ingin mendapatkan ombak setinggi 6-8 meter, kunjungi pantai ini sekitar bulan Juli-September. Pemandangan sunsetnya juga tak kalah menakjubkan dari Pantai Kuta. Untuk menuju pantai ini diperlukan waktu 30 menit hingga satu jam perjalanan dari Pos Pancur di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

Teluk Hijau

Pesona Banyuwangi
Pesona Banyuwangi

Pantai ini diberi nama Teluk Hijau karena warnanya yang kejauhan jika dilihat dari jauh karena kandungan alganya. Teluk Hijau baru dikenal masyarakat sekitar tahun 2015 sehingga pesonanya masih alami. Untuk menuju kesana memang tidak mudah, kalian harus berjalan menyusuri hutan dan batu-batuan. Namun, jangan khawatir. Setelah tiba di pantainya, rasa lelah kalian akan terbayar dengan suguhan pesona Teluk Hijau yang sangat indah.

Air Terjun Lider

Pesona Banyuwangi
Pesona Banyuwangi

Pesona Banyuwangi tak hanya berupa pantai. Air Terjun Lider merupakan air terjun tertinggi di Banyuwangi yang tingginya mencapai 60 meter. Air terjun tersembunyi yang letaknya di kawasan hutan lindung ini sangat mempesona dan terasa sekali kealamiannya. Namun, untuk menuju kesana harus melewati medan yang tidak mudah. Air terjun ini menyuguhkan air yang sangat sejuk dan tenang karena sumbernya dari air pegunungan. Letaknya berada di lereng timur Gunung Raung atau 45 km dari Kota Banyuwangi.

Ijen Resort & Villas

Pesona Banyuwangi
Pesona Banyuwangi

Untuk kalian yang sedang jenuh dengan suasana kota, tempat ini jadi rekomendasi yang sangat cocok. Jika kalian menginap di tempat ini, dari sudut manapun kalian akan disugui pemandangan gunung dan hamparan sawah yang begitu asri. Kesejukan udaranya bisa kalian dapatkan setiap pagi. Selain fasilitas penginapan, disana kalian juga bisa meminta tour guide untuk menyusuri kawasan desa disana dan mengunjungi perkebunan kopi di Kaliklatak.

Rasakan Tradisi Suku Osing yang Unik di Desa Wisata Kemiren

Pesona Banyuwangi
Pesona Banyuwangi

Pesona Banyuwangi berupa tradisi juga tersedia. Desa Wisata Kemiren terletak sekitar 15 menit dari pusat kota. Di desa ini kalian akan merasakan tradisi-tradisi nenek moyang yang masih dipertahankan sejak jaman Majapahit. Disana kalian bisa menemuka rumah adat yang usianya mencapai ratusan tahun. Kalian juga akan disuguhi tari-tarian tradisional dan jajanan asli suku Osing. Jangan lupa juga untuk membawa batik dan kopi khasnya sebagai buah tangan.

 

LEAVE A REPLY