Kata kesepian seolah menjadi kata yang sangat dihindari dan enggan untuk dirasakan. Pasalnya, perasaan semacam ini biasanya meliputi seseorang yang tengah memiliki masalah sosial. Dan sebenarnya, ada banyak tanda sepele yang menunjukkan bahwa seseorang tengah berada dalam kondisi kesepian loh. Hanya saja, saking sepelenya tanda-tanda tersebut sering tidak disadari bahkan diacuhkan.

Nah, untuk mengecek apakah Anda termasuk orang yang kesepian atau tidak, baca tanda-tanda orang kesepian yang kami sajikan di bawah ini :

 

1. Mandi dalam Waktu yang Lama

Kesepian
Kesepian

Kenapa orang yang kesepian biasa mandi dalam waktu yang lama? Karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh John A Bargh dan dimuat di jurnal Emotion menunjukkan bahwa, orang yang kesepian akan menganggap hangatnya air bisa menggantikan perasaan kesepian dari pergaulan sosial. Maka, orang yang kesepian bisa betah berlama-lama di kamar mandi.

2. Sakit-Sakitan

KesepianKesepian

Orang yang kesepian cenderung mudah stress. Nah, stress yang dirasakan ini bisa membuat daya tahan tubuhnya menurun sehingga orang tersebut sangat mudah untuk sakit. Hal inipun juga sudah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan para pakar di Universitas Chicago.

3. Kaku dalam Berosialisasi

KesepianKesepian

Orang yang kesepian juga memiliki kecenderungan sulit untuk bersosialisasi dan akan tampak sebagai orang yang kaku saat berhadapan dengan dengan orang lain. Mengapa demikian? Karena ada kemungkinan dia lebih merasa nyaman sendiri dan sudah terbiasa dengan kesendiriannya tersebut.

4. Teman Dunia Maya yang Lebih Banyak Dibanding Teman Dunia Nyata

KesepianKesepian

Ini juga bisa menjadi pertanda atau gejala dari orang kesepian, karena kemungkinan besar orang kesepian tersebut merasa asing dengan dunia nyatanya dan dia merasa bahwa dunia nyata bukan tempat yang pas untuknya bergerak. Sebaliknya, dia akan merasa nyaman untuk bersosialisasi di dunia maya karena dunia maya membuatnya lebih leluasa untuk berekspresi, sehingga tidak heran jika kemudian tanda yang satu ini juga turut dimasukkan ke dalam daftar tanda-tanda orang yang kesepian.

5. Merasa Cinta Terhadap Barang

KesepianKesepian

Situs Everyday Health secara jelas menyatakan hal ini, bahwasanya orang yang kesepian juga memiliki kecintaan yang cukup tinggi terhadap barang yang dia miliki. Kecenderungan cinta seperti ini bahkan membuat dia seolah enggan untuk berpisah dengan barang tersebut, sekalipun saat tidur.

6. Gelisah dan Tidur Kurang Nyenyak

KesepianKesepian

Orang yang kesepian biasanya juga akan sering gelisah, karena dia tidak tahu bagaimana cara mengusir kesepiannya tersebut. Dan gelisah yang dialami ini bisa menimbulkan perasaan galau yang ujung-ujungnya akan berpengaruh pada kualitas tidurnya di malam hari.

Setidaknya itulah 6 tanda orang yang merasa kesepian. Tapi perlu diketahui juga bahwa tanda-tanda tersebut terkadang tidak mutlak menunjukkan bahwa orang itu tengah kesepian karena sebenarnya masih ada banyak tanda pendukung lainnya. Jadi, jangan langsung judge seseorang kesepian jika hanya menunjukkan tanda-tanda tersebut.

LEAVE A REPLY