Bagi sebagian orang, menikah itu adalah moment penting sekali seumur hidup. Tidak heran, bahwa setiap orang yang ingin menikah pasti menyiapkan resepsi terbaiknya dan rela mengeluarkan budget tinggi demi moment yang tidak pernah dilupakan itu. Sehingga zaman modern ini sangat jarang orang yang mau untuk nikah muda karena alasan berbagai hal.

Mencari design baju pernikahan yang unik dan mewah, me-list WO terkenal, menyiapkan konsep terunik, booking gedung atau tempat, dan masih banyak lagi. Hal tersebut sangatlah wajar dilakukan seseorang. Namun, yang perlu digaris bawahi yaitu menikah tidak hanya memikirkan resepsinya, tapi hanya ikatan sah nan suci yang menjadi prioritas utamanya.

Untuk kamu yang ingin pernikahan sederhana, namun berkesan untuk semua orang tanpa takut mengeluarkan budget tinggi, ini dia tipsnya

  1. Buat list harga dan anggaran total

Kamu dan pasangan wajib me-list biaya yang akan kalian keluarkan di acara pernikahan nanti. Catat semua yang diperlukan dari mahar, catering, sewa tenda dan lain-lain. Ohiya, catat pula budget maksimal untuk biaya yang tidak terduga.

Diusahakan jangan melebihi budget yang sudah anda tulis ya! Utamakan kebutuhan yang wajib saja, untuk pelengkap biasanya hanya muncul dari keinginan belaka.

  1. Adakan pernikahan hanya satu hari saja

Jangan mudah terbawa oleh keinginan yang mengharuskan pernikahan lebih dari satu hari. Biasanya, tamu undangan yang dipisah hari itulah penyebabnya. Jika hal ini bisa dilakukan, kamu bisa meminimalisir budget dan menghindari biaya yang tak terduga.

  1. Sebagian gunakan undangan online

Saat ini, banyak jasa yang menawarkan pembuatan undangan secara online. Penggunaan media social sangat cepat dan praktis. Cukup posting dan bagikan kepada teman-teman social kamu. Biasanya undangan online ini di design secara unik dan murah dikantong. Hanya Rp 350.000-Rp 700.000 disesuaikan dengan tingkat kerumitan.

Hal ini juga meminimalisirkan undangan cetak yang dibayar dengan harga satuan lembar, dan kekurangan undangan cetak lainnya yaitu dibuang percuma kalau sudah tidak terpakai lagi. Tapi, bolehlah beberapa lembar undangan cetak untuk dibagikan ke tetangga terdekat.

  1. Butuh fotografer handal? Hubungi teman kamu

Jika ada teman kamu yang jago dalam hal fotografi, manfaatkan untuk menangkap moment bahagia kamu. Biasanya kalau memakai jasa fotografer professional tentu memiliki tariff yang mahal. Hasil foto mereka juga tidak kalah kok dengan yang professional.

  1. Tentukan tempat lokasi pernikahan

Sebaiknya, lokasi pernikahan itu tidak perlu yang mewah. Mungkin kamu hanya perlu memanfaatkan lingkungan rumah ataupun fasilitas yang dekat dengan rumah, misalnya gedung serbaguna, balai desa, mesjid, dan lain-lain. Resepsi di hotel berbintang malah akan membuat budget kamu semakin membengkak.

  1. Hilangkan acara tradisi, yang penting ijab qabulnya

Biasanya, banyak yang menginginkan memakai acara tradisi sebelum acara pernikahan. Padahal, pernikahan itu yang dibutuhkan hanya ijab qabulnya. Cut semua tradisi yang ada. Semakin banyak tradisi yang akan kamu selipkan, maka akan membuat pengeluaranmu semakin banyak.

  1. Jangan malas membandingkan harga

Jangan hanya cek satu list saja untuk semua jasa yang diperlukan. Misalnya, designer baju pernikahan, catering, jasa sewa tenda, dan lain-lain. Bandingkan harga jasa satu dengan jasa yang lain, tentunya kamu juga harus teliti dengan service yang ditawarkan. Terlebih, kalau beberapa teman kamu berkecimpung dalam bisnis jasa-jasa yang ada dipernikahan, yuk manfaatkan!

Selain bisa didapat dengan harga “teman”, service dari para sahabat biasanya sudah terpercaya dan tidak mengecewakan. Untuk jasa catering, kamu bisa memanfaatkan tetangga sekitar kamu.

Target menikah kamu dalam waktu dekat ini? Bisa dipakai beberapa tips diatas untuk meminimalisirkan budget kamu. Menikah itu tidak harus mewah, yang penting sah! Buang semua gengsi kamu ya! Kehidupan sesudah menikahlah yang harus dipikirkan. So Nikah muda tidak menjadi halangan bukan? Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

LEAVE A REPLY