Seringkali kita terbentur masalah uang ketika akan memulai sebuah usaha. Ada sebagian orang yang memilih bersiap-siap dengan menabung sejak lama. Ada pula yang lebih memilih meminjam kepada teman, saudara, atau kepada Instansi. Bank menjadi salah satu tujuan pinjam uang yang efektif bagi sebagian orang. Jumlah uang pinjaman yang besar menjadi salah satu alasan orang lebih memilih Bank sebagai tujuan peminjaman. Meski begitu, pinjam uang di Bank bukanlah perkara yang mudah. Kita mesti mengerti cara atau pun kebijakan yang wajib dipenuhi oleh kita sebagai peminjam. Berikut kiat cerdas cara pinjam uang di Bank.

1. Lengkapi berkas Identitas

cara pinjam uang di Bank
cara pinjam uang di Bank

Hal ini perlu dipersiapkan sebagai cara pinjam uang di Bank. Berkas seperti KTP harus dipastikan masih berlaku dan memiliki data yang valid. Data seperti alamat tinggal perlu diperiksa kembali, apakah sudah cocok dengan alamat tinggal anda saat itu. Jika ternyata tidak, entah anda sudah pindah atau bagaimana, sertakan pula Surat keterangan Tinggal dari Kelurahan ataupun Intansi terkait. Satu hal lagi, jika anda sudah berkeluarga, lampirkan juga sertakan pula Akta Nikah serta KTP pasangan anda. Hal ini bertujuan sebagai bukti persetujuan antara anda dan pasangan anda terkait rencana pinjam uang di Bank.
Satu berkas lagi yang perlu dipersiapkan adalah kartu keluarga. Berkas ini sama pentingnya dengan KTP. Penyertaan Kartu Keluarga berguna untuk melihat jumlah beban anak atau anggota keluarga lain. Dengan ini pihak Bank atau kreditur dapat membuat perkiraan tentang kemampuan peminjam untuk mengembalikan uang pinjaman. Jika tanggungan peminjam/debitur terlalu banyak, maka kemungkinan kecil Bank menyetujui pengajuan pinjaman anda.

2. Pastikan anda bersih dari Kredit

cara pinjam uang di Bank
cara pinjam uang di Bank

Hal yang perlu diketahui terkait cara pinjam Uang di Bank adalah tentang beban kredit yang lain. Permasalahan tentang kredit yang macet bakal menjadi pertimbangan penting pihak Bank untuk menyetujui pengajuan pinjaman anda. Jika masih ada tanggungan kredit lain, kemungkinan kecil pihak Bank akan menggelontorkan pinjaman uang untuk anda.

3. Sertakan slip Gaji

cara pinjam uang di Bank
cara pinjam uang di Bank

Salah satu pertimbangan terbesar ialah jumlah penghasilan debitur tiap bulannya. Biasanya debitur yang bekerja di sebuah Instansi atau Lembaga pasti akan menerima gaji beserta dengan slipnya. Besaran pendapatan bisa diartikan sebagai kemampuan sesorang untuk mengembalikan uang pinjaman. Sangat sulit bagi debitur dengan pendapatan rendah meminjam uang dengan jumlah besar. Bank akan berpikir matang-matang perihal perhitungan kemampuan debitur dalam mengembalikan uang.

cara pinjam uang di Bank
cara pinjam uang di Bank

Uraian diatas adalah kiat jitu cara pinjam uang di Bank. Jika anda mengerti atau sudah menyiapkannya sejak awal, maka kemungkinan besar Bank akan menyetujui permohonan peminjaman anda. Pastikan semuanya sudah sesuai dengan kebijakan Instansi atau Bank tujuan peminjaman anda. Perlu diingat, pihak Bank tidak mau dirugikan atas permohonan anda, bisa dibilang Bank sangat selektif untuk memilih calon debitur.

LEAVE A REPLY