Sedotan yang biasanya hanya digunakan sebagai sedotan untuk meminum minuman, ternyata bisa diubah menjadi kerajinan tangan yang cantik dan menarik. Kreatifitas dari barang bekas sedotan memiliki nilai positif yaitu dapat membantu mengurangi jumlah sampah plastik yang sulit terurai oleh alam. Walaupun saat ini telah banyak muncul berbagai macam bentuk kerajinan yang lebih modern, banyak orang yang beralih pada kerajinan yang memanfaatkan barang bekas. 

Kreatifitas Dari Barang Bekas
Kreatifitas Dari Barang Bekas

Banyak orang yang membuat sebuah kreatifitas dari sedotan karena bahannya yang mudah diperoleh dan harga bahan bakunya yang murah. Selain itu, apabila sudah jadi bisa dijadikan hiasan untuk mempercantik rumah dan juga bisa dijual dengan harga yang tinggi. Boleh dibilang pada tangan orang yang kreatif, peluang usaha sedotan plastik ini cukup menjanjikan. Selain membantu mengurangi pencemaran lingkungan, kreatifitas dari barang bekas sedotan lebih tahan lama asal disimpan dengan benar pada tempat yang terlindung dari cahaya matahari karena panas matahari dapat memudarkan warna sedotan.

Dasar-dasar membuat kerajinan tangan dari sedotan

Kreatifitas Dari Barang Bekas
Kreatifitas Dari Barang Bekas

Sambil memanfaatkan waktu senggang cobalah Anda belajar berkreasi membuat karya seni berbahan sedotan plastik. Ada baiknya terlebih dahulu Anda paham ilmu dasar membuat bunga dari sedotan sebelum membuatnya, supaya lebih mudah dalam membuat kerajinan ini. Untuk membuat bunga berbahan sedotan, setidaknya terdapat dua macam cara yang bisa dipakai:

  1. Menyusun dengan cara menumpuk seperti kreasi bunga mawar, tulip anggrek dan lili.
  2. Menjahitnya dengan memakai kawat. Cara ini umumnya dipakai saat Anda membuat bunga teratai.

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat bunga dari sedotan

Setelah Anda mengetahui ilmu dasar untuk membuat kreatifitas dari sedotan, langkah berikutnya adalah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan karya seni ini. Ada beberapa bahan dan alat yang diperlukan untuk memudahkan Anda saat merangkai bunga dari sedotan plastik. Berikut ini adalah beberapa bahan dan alat yang diperlukan.

  1. Sedotan plastik berbagai warna
  2. Kelopan serta putik bunga plastik
  3. Alat potong seperti cutter atau gunting
  4. Tang
  5. Lem plastik
  6. Jarum untuk menjahit
  7. Korek api
  8. Kunci bekas
  9. Kawat dan lidi
  10. Kertas pita
  11. Vas bunga atau botol bekas berwarna

Jika semua bahan dan alat diatas sudah ada, langkah selanjutnya adalah memulai belajar membuat kreasi bunga cantik berbahan sedotan. Berikut ini ada beberapa langkah dan cara membuat aneka bunga dari sedotan plastik.

Cara Membuat Bunga Teratai Biasa dari Sedotan

Kreatifitas Dari Barang Bekas
Kreatifitas Dari Barang Bekas

Bunga teratai merupakan bunga yang mempunyai keindahan yang luar biasa pada warna dan bentuknya. Bunga ini hidup dengan cara mengapung pada permukaan air. Tumbuhan ini dapat kita temukan hidup pada perairan yang tenang seperti danau. Bunga ini mempunyai keunikan yang cukup unik yaitu saat tumbuhan ini hidup pada perairan yang airnya keruh warna bunga ini justru akan semakin cemerlang. Berikut adalah langkah-langkah membuat kreatifitas dari barang bekas sedotan berbentuk bunga teratai.

Kreatifitas Dari Barang Bekas
Kreatifitas Dari Barang Bekas

1. Untuk membuat satu tangkai bunga teratai biasa memerlukan 12 buah batang sedotan, 1 buah sedotan akan di bagi menjadi 4 bagian, Jadi nantinya jumlah semua sedotan yang sudah dipotong ada 48 buah helai sedotan.(lihat gambar nomor 1)

2. Setelah semua potongan jadi guntinglah dengan pola seperti pada gambar nomor dua. Caranya mulailah menggunting pada bagian pangkal dengan besar sekitar 2/3 dari lebar sedotan.(lihat gambar nomor 3).

3. Pada bagian ujung yang lancip digunakan sebagai patokan agar panjang dari masing-masing potongan hasilnya sama.(lihat gambar nomor 4)

4. Kemudian bukalah potongan sedotan yang tadi kamu potong lancip. kemudian lipat keluar mengikuti garis dari sedotan. Setelah itu lipat balik lagi di bagian pangkal dari kelopak bunga ingat hanya bagian pangkalnya saja sekitar 1/3 dari bagian pangkal kelopak.( lihat gambar nomor 5)

5. Langkah selanjutnya yaitu tusuk bagian pangkal dari kelopak memakaki jarum suntik(lihat gambar nomor 6 dan 7), Kemudian masukkanlah kawat dari bagian ujung jarum yang berlubang(lihat gambar nomor 8)

6. Setelah itu lakukan hal tersebut sampai kawat selesai dimasukkan ke seluruh kelopak bunga.(lihat gambar nomor 9).

7. Kemudian ikatlah kelopak-kelopak tadi dengan cara melingkarkan beberapa kali sisi kawat ke satu sisi kawat yang lain. Setelah itu serutlah supaya kelopak bunga tersebut menyatu semuanya(lihat gambar nomor 10).

8. Kemudian tambahkan putik pada bagian atas dan kelopak plastik pada bagian bawah bunga tersebut(lihat gambar nomor 11 dan 12). 

9. Langkah berikutnya guntinglah sisa kawat dan rapikan kelopak-kelopak bunga tersbut. Dan selesai bunga teratai biasa hasil kreasi tanganmu selesai dibuat.

LEAVE A REPLY