Bagi pelajar yang sedang duduk di kelas XII, ujian nasional bukanlah ujian terakhir yang mereka hadapi. Ujian sesungguhnya adalah ujian seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Ketika memutuskan untuk belajar intensif demi persiapan ujian, berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Strategi
Strategi

Bimbel Harus Menerapkan Strategi Metode Belajar Yang Asik

Cara guru mengajar di kelas juga sangat berpengaruh pada tingkat pemahaman siswa. Karena itu, pastikan tempat bimbingan belajar menerapkan kelas yang asik. Pengajar harus bisa membuat situasi belajar jadi tetap asik setidaknya diselingi jokes dan menyampaikan materi dengan metode telling story. Disamping itu sebaiknya juga menerapkan strategi sistem belajar aktif, misalnya tanya jawab, jadi bukan hanya melulu mengerjakan soal – soal latihan.

Strategi
Strategi

Jangan Diforsir Tanpa Istirahat.

Tidak ada yang salah dengan belajar tekun. Belajar dengan keras juga bukan berarti harus memforsir diri. Belajarlah sewajarnya, jangan belajar sampai larut sehingga kurang tidur. Karena kekurangan tidur menyebabkan tubuh lelah dan otak sulit berpikir, sehingga akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Tidak mau kan jika pas tiba hari ujian malah sakit.

Strategi
Strategi

Tetap Makan dan Minum yang Cukup.

Biasanya jika sudah keasikan belajar, terkadang kita suka mengabaikan rasa lapar dan meninggalkan jam makan. Padahal kalau kita lapar justru berpengaruh pada konsentrasi yang jadi gampang buyar. Selain itu, glukosa yang ada pada makananan juga penting untuk asupan energi otak, jadi perbanyaklah makan makanan yang bergizi. Disamping itu, karena otak membutuhkan oksigen dan kemudian oksigen itu diantar oleh darah, maka perbanyak lah minum air putih..

Motivasi belajar sebagai strategi jitu

Motivasi itu bukan hanya berupa motivasi besar yang berisi keinginan masuk PTN. Dalam belajar, kita juga butuh motivasi yang lebih dasar. Motivasi dasar tersebut adalah motivasi untuk mengikuti materi dan memahami materi yang disampaikan oleh guru. Membaca doa sebelum pelajaran dimulai juga harus dibiasakan. Jadi, pada saat guru menyampaikan materi kita bisa dengan mudah menerima dan menggabungkan dengan materi yang sudah dibaca sebelumnya.

Strategi
Strategi

Siap Menerima Apapun Hasilnya

Bagian akhir dari perjuangan yang panjang ini adalah pengumuman penerimaan. Nah, selama berjuang, adakalanya juga perlu mempersiapkan diri untuk menerima segala kemungkinan. Kalau berhasil, bersyukurlah dan jangan sampai lupa berempati dengan teman – teman seperjuangan yang lain. Jika belum berhasil, jangan sampai sedih berkepanjangan, bersedihlah sewajarlah, mungkin masih belum rejeki untuk masuk PTN. Karena sebenarnya faktor yang menentukan keberhasilan Anda bukan hanya dari background pendidikan, namun juga kualitas diri Anda sendiri. Perjuangkan apa yang masih bisa diperjuangkan, tidak lulus SBMPTN bukan akhir dari perjalanan Anda. Tetap semangat, jangan mudah menyerah, dan terus belajar.

LEAVE A REPLY