Alam Tara Kaifa
Alam Tara Kaifa

Alam tara kaifa fa’ala rabbuka bi ashabil fil”adalah bunyi ayat pertama dari QS. Al-Fill. Surat ini dinamakan Al-Fiil karena berkisah tentang para penunggang gajah. Al-Fiil diturunkan Allah SWT di kota makkah (surat makkiyah). Surat ini mengisahkan tentara bergajah yang percaya diri dengan kekuatan, harta dan kekuasaan mereka. Dengan pasukan besar yang tidak terkalahkan mereka menggempur ka’bah dengan sombongnya, namun kemudian Allah membinasakan mereka dengan kuasanya.

Kisah ini berawal dari seorang jenderal dari kabilah Najasyi bernama Abrahah bin al-Shabbah al-Asyram dari Yaman. Abrahah membangun gereja besar yang diberi nama “al-Qullais” untuk mengalihkan ritual haji orang-orang Arab. Suatu hari seorang dari kabilah Kinanah membuang kotoran di dalam gereja itu pada waktu malam hari. Lantas Abrahah marah dan bersumpah untuk menghancurkan Ka’bah. Di sisi lain munculah niatnya ingin menaklukkan Makkah untuk menghubungkan Yaman dengan Syam dan memperluas agama Nasrani.

Alam Tara Kaifa
Alam Tara Kaifa

Maka ia pun mempersiapkan pasukan besar dengan gajah untuk membuat teror dan intimidasi penduduk makkah. Kemudian Abrahah mengirimkan utusan kepada penduduk Makkah untuk memberi kabar bahwa Abrahah datang tidak untuk memerangi mereka melainkan untuk menghancurkan Ka’bah. Penduduk Makkah merasa marah dan gelisah dengan hal tersebut. Mereka bermaksud memberikan perlawanan terhadap Abrahah, akan tetapi mereka tahu bahwa tidak mampu melawan Abrahah dan pasukannya. Mereka kemudian mencari perlindungan ke gunung-gunung dan melihat apa yang akan terjadi.

Alam Tara Kaifa
Alam Tara Kaifa

Ketika pasukan gajah semakin dekat dari Makkah, Abrahah memerintahkan agar merampas harta benda orang – orang Arab. Di antara harta yang dirampas itu terdapat unta milik milik Abdul Muthallib bin Hasyim yaitu kakek Nabi Muhammad SAW. Abdul Muthallib kemudian berkata kepada Abrahah: “sesungguhnya aku hanyalah pemilik dari unta, dan Ka’bah adalah milik Tuhan yang akan menjaganya darimu”. Abdul Muthalib kemudian berdoa agar Allah menampakkan kuasanya untuk menjaga ka’bah. Tiba – tiba ada segerombolan burung dari arah laut Yaman dengan membawa batu di kakinya. Batu – batu itu kemudian dijatuhkan ke atas pasukan Abrahah, hal ini sesuai isi kandungan alam tara kaifa.

Alam Tara Kaifa
Alam Tara Kaifa

Begitulah kisah dibalik Alam Tara Kaifa yang menjadi bukti tanda – tanda kebesaran dan kekuasaan Allah SWT. Sudah sepantasnya kita sebagai ciptaannya selalu mendekatkan diri padanya agar selamat di dunia dan di akhirat serta dijauhkan dari golongan kaum musyrik sampai akhir hayat kita.

 

 

 

LEAVE A REPLY