Tidak selamanya kita selalu nyaman menjalani suatu pekerjaan. Terkadang keadaan tertentu bisa memaksa kita segera resign atau memilih pekerjaan baru. Mengundurkan diri bisa saja menimbulkan konflik di tempat kerja, untuk itu ada baiknya anda mengikuti tips mengajukan resign berikut ini agar rencana resign anda bisa berjalan dengan lancar, dan meninggalkan kesan baik pada atasan maupun rekan kerja.

Mengajukan Resign

Mengajukan Resign

  • Sebaiknya rahasiakan rencana resign anda sebelum keputusan resmi keluar. Berita di kantor biasanya menyebar dengan cepat dari mulut ke mulut. Bisa jadi gosip keluarnya anda akan ditambahi bumbu-bumbu yang tidak sedap. Jadi cukup memberitahu mereka ketika semuanya sudah jelas.
  • Pilih waktu yang paling tepat ketika anda akan meninggalkan kantor. Ketika anda memutuskan untuk keluar, maka kantor perlu mengisi lagi posisi tersebut dengan orang baru. Jika anda mengajukan pengunduran diri secara mendadak bisa membuat kantor anda kesulitan dan bisa berakibat surat resign anda ditolak. Jadi ajukan resign jauh – jauh hari.
Mengajukan Resign
Mengajukan Resign
  • Beberapa tempat kerja biasanya memiliki prosedur sendiri terkait mengundurkan diri. Contohnya pada format surat resign, kepada siapa anda akan menyampaikannya, dan aturan-aturan lainnya. Pastikan anda mencari tahu dulu bagaimana prosedur pengunduran diri di kantor anda, dan ikuti prosedurnya.
  • Sebaiknya selesaikan tanggungjawab anda terlebih dahulu, dan bekerjalah semaksimal mungkin. Jika bulan ini anda masih punya banyak tugas dan sudah diberitahu tenggang waktunya, maka anda harus menyelesaikannya dahulu sebelum resign. Hal Ini akan membuktikan bahwa anda memang pekerja yang profesional.
  • Lihat kondisi atasan anda sebelum bertemu dengannya. Waktu yang tepat mengajukan resign sangat disarankan. Anda harus menemuinya secara langsung, dan jangan menitipkan surat pengunduran diri anda pada sekretarisnya atau teman anda. Anda juga harus pintar melihat kapan mood atasan anda sedang baik dan temuilah saat sedang tidak terlalu sibuk.
Mengajukan Resign
Mengajukan Resign
  • Jika kamu benar-benar ingin mengundurkan diri, pilihlah alasan yang tepat mengajukan resign. Hindari alasan yang berkaitan dengan rekan kerja karena masalah itu bisa saja diselesaikan oleh atasan anda. Pilih alasan yang akan membuat anda tidak mungkin bekerja lagi di sana.
  • Jangan bertele-tele karena bosmu tidak punya banyak waktu, jadi komunikasikan semuanya dengan baik. Berpamitanlah dengan sopan dan jangan lupa mengucapkan terima kasih serta berikan apresiasi untuk apa yang telah diberikan kantor sepanjang anda bekerja di sana.
  • Jangan membawa barang apapun yang bukan milik anda karena ini menunjukkan integritas anda. Kembalikan semua barang milik kantor sesuai prosedur yang ada.
Mengajukan Resign
Mengajukan Resign
  • Tetap jaga komunikasi dengan atasan dan rekan kerja anda. Walaupun sudah resign bukan berarti hubungan anda dengan mereka selesai. Sesekali hubungilah mereka untuk sekedar bertanya kabar atau basa-basi demi menjaga hubungan tetap baik.

 

LEAVE A REPLY