Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan dan tentunya setelah selesai menjalani puasa penuh di bulan Ramadhan, kita akan sampai pada hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri. Bagi perantau tentunya mudik ke kampung halaman menjadi salah satu hal wajib yang harus dilakukan untuk melepas rindu bersama keluarga dan sanak saudara. Dalam perjalanan menuju kampung halaman, tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan dan diantisipasi. Salah satunya adalah mabuk perjalanan. Berikut ini dipaparkan beberapa tips untuk mengatasi mabuk perjalanan.

  1. Jangan biarkan perut kosong atau kekenyangan

    Mabuk Perjalanan
    Mabuk Perjalanan

Ketika akan melakukan perjalanan, terutama perjalanan yang jauh, jangan biarkan perut dalam keadaan kosong, dan jangan pula terlalu kenyang. Hindari memakan makanan berat dan berlemak yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Pada perut bagian pusar bisa ditempelkan salonpas agar perut terasa hangat. Beberapa orang telah membuktikan, dengan melakuan hal ini dapat mengatasi mabuk perjalanan.

  1. Ketika naik kendaraan, usahakan pandangan ke depan

    Mabuk Perjalanan
    Mabuk Perjalanan

Agar tidak mengalami mabuk perjalanan, sebaiknya hindari untuk berfokus pada hal-hal detail seperti bermain handphone atau membaca buku. Sesekali lihatlah pemandangan di depan anda ataupun sekeliling anda.

  1. Hindari duduk dekat dengan orang yang merokok atau bau-bauan yang menyengat

    Mabuk Perjalanan
    Mabuk Perjalanan

Ketika dalam perjalanan, hindari duduk dengan sumber-sumber yang menimbulkan bau terlalu menyengat seperti asap rokok,parfum, durian, dan sumber bau lainnya. Bau-bau yang terlalu menyengat dapat memicu pusing dan rasa mual.

  1. Menghisap permen

    Mabuk Perjalanan
    Mabuk Perjalanan

Menghisap permen bisa juga digunakan dalam mengatasi atau mengurangi mabuk perjalanan. Ketika kita menghisap permen, hal itu dapat menjaga keseimbangan kita. Di mana pusat keseimbangan terletak di bagian telinga manusia. Kalian bisa mengonsumsi permen jahe, mint, atau permen jamu sesuai dengan selera.

  1. Pikirkan hal-hal menyenangkan

    Mabuk Perjalanan
    Mabuk Perjalanan

Hal yang satu ini tergolong sebagai sugesti dari sisi psikologis. Dimana individu diarahkan untuk mengalihkan perhatian dari perasaan ingin muntah kepada hal-hal menyenangkan yaitu imajinasi dari individu itu sendiri. Untuk sebagian orang, hal ini efektif dalam menanggulangi mabuk perjalanan.

  1. Minum obat anti mabuk

    Mabuk Perjalanan
    Mabuk Perjalanan

Minumlah obat anti mabuk kira-kira tiga puluh menit hingga dua jam sebelum melakukan perjalanan. Hal ini merupakan alternatif terakhir jika memang hal-hal lainnya tidak bisa menghindarkan kalian dari mabuk perjalanan.

  1. Hindari duduk di kursi yang berada tepat di atas ban

    Mabuk Perjalanan
    Mabuk Perjalanan

Saat duduk di kursi yang berada tepat di atas ban akan meningkatkan frekuensi guncangan yang terjadi. Hal itu dapat mengoyak perut dan menimbulkan rasa mual.

Saat melakukan perjalanan jauh, jangan lupa untuk mempersiapkan obat-obatan yang diperlukan seperti minyak kayu putih, salonpas, obat diare,obat maag, obat sakit kepala, dan obat-obat lain yang mungkin diperlukan sesuai kebutuhan dari masing-masing individu.

LEAVE A REPLY