Rizky – Menabung Uang

Menabung memang kedengarannya sangat mudah, tapi untuk anda yang hobi belanja dan cenderung menjadi manusia yang boros, menabung seakan ‘merampas’ uang dari dalam dompet anda. Begini gambarannya, anda justru merasa uang yang dipunya jadi berkurang karena anda sudah terbiasa menghabiskan uang. Sedangkan saat anda diwajibkan menabung, uang untuk belanja menjadi berkurang. Inilah yang menyebabkan menabung terasa berat. Sebenarnya ada beberapa cara agar menabung menjadi lebih mudah dan ringan. Menabung di bank atau pun celengan pribadi sebenarnya tidak ada bedanya. Berikut lima tips menabung uang agar menabung tak terasa sangat berat untuk dijalani.

Menabung Uang
Menabung Uang
  • Membuka tabungan terencana. Hampir setiap bank sekarang pasti memiliki program ini. Jadi, anda tinggal mendaftar untuk membuka tabungan rencana yang baru. Setiap bulan, salso anda akan dipindahkan dari akun bank biasa ke akun tabungan rencana. Jumlah uang dan tanggal penarikan bisa anda tentukan sendiri. Tapi untuk program ini, biasanya minimal Rp 500.000. Kesimpulannya program ini secara tidak langsung memaksa anda untuk menabung tiap bulan. Menabung uang di bank adalah cara yang aman.
Menabung Uang
Menabung Uang
  • Jika metode tabungan rencana ini berat untuk anda, anda bisa menggunakan cara lain. Selama ini menabung menjadi berat karena seakan uang belanja berkurang. Tapi, dengan menabungkan uang kertas sebesar Rp 20.000, menabung menjadi tidak terasa. Anda bisa menikmati hasilnya tahun depan. Jadi, mulai sekarang tiap kali menemukan uang pecahan Rp 20.000 atau berapa saja segera tabungkan.
Menabung Uang
Menabung Uang
  • Cobalah dengan nominal yang lebih sedikit, masukkan uang koin 1000 an ke dalam celenganKalau Rp 20.000 masih juga terasa berat, cobalah untuk memasukkan semua koin 1000 an ke dalam celengan. Jangan dibuka hingga tahun depan. Tiap kali anda menemukan koin 1000, segera masukkan ke dalam celengan.
  • Tetapkan jumlah uang yang harus kamu sisihkan setiap harinyaKalau anda sudah punya keteguhan hati yang mantap untuk menabung, tidak usah menggunakan trik Rp 20.000 atau koin 1000 an. Anda tinggal menetapkan jumlah uang yang harus anda sisihkan setiap harinya.
Menabung Uang
Menabung Uang
  • Teguhkan hati anda untuk menabungKeempat tips di atas tidak akan berjalan tanpa ada keteguhan hati. Jadi, anda harus benar – benar yakin dan konsisten dalam menjalankannya. Sehingga meskipun ada saja godaan untuk ‘bolos’ menabung, anda tetap kuat untuk melawan nya. Sekali – dua kali bolos pasti akan membuat anda berhenti menabung untuk seterusnya.
Menabung Uang
Menabung Uang

Itu dia lima cara agar anda rajin selalu menabung. Tujuan menabung uang adalah agar masa depan keuangan anda akan terjamin. Jadi, anda tidak akan jatuh terpuruk jika suatu saat ada hal buruk terjadi pada pekerjaan anda. Meskipun begitu, cara menabung tidak akan berjalan tanpa niat dan keteguhan hati anda sendiri

LEAVE A REPLY