Memilik rambut yang indah mempesona tentu menjadi impian semua orang, baik pria ataupun wanita. Meski demikian, tak jarang banyak permasalahan yang dihadapi terkait dengan rambut salah satunya adalah rambut rontok. Lantas, Apa Penyebab Rambut Rontok? Dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah ulasannya.

Apa Penyebab Rambut Rontok
Apa Penyebab Rambut Rontok

Ada berbagai macam penyebab rambut menjadi rontok. Pertama adalah gangguan hormon. Seperti yang kita tahu bahwa presentasi kerontokan rambut yang berujung pada kebotakan dialami oleh 70% pria dan 40% wanita. Pada wanita, gangguan ini biasanya akan dirasakan saat mereka mengalami menopause, hamil, ataupun karena menggunakan alat kontrasepsi. Kemudian Apa Penyebab Rambut Rontok parah selanjutnya? Alat penata rambut serta penggunaan bahan kimia yang terlalu sering juga menjadi penyebab yang cukup sering terjadi. Hal ini karena baik alat penata rambut ataupun bahan kimia sering digunakan kaum hawa untuk mempercantik rambut mereka. Bahan kimia yang dimaksud di sini adalah bahan kimia untuk meluruskan rambut (rebounding) ataupun cat rambut.

Apa Penyebab Rambut Rontok
Apa Penyebab Rambut Rontok
Apa Penyebab Rambut Rontok
Apa Penyebab Rambut Rontok

Penyebab rambut rontok yang ketiga adalah kurangnya asupan vitamin dan gizi harian. Siapa bilang makanan yang kita konsumsi sehari-hari tak berdampak pada rontoknya rambut? Faktanya, asupan vitamin dan gizi yang cukup akan membuat kulit kepala sebagai tempat menempelnya rambut dapat menahan rambut mudah rontok. Apa Penyebab Rambut Rontok sehari-hari lainnya? Penyebabnya adalah karena kita jarang keramas. Meskipun masing-masing orang memiliki jenis dan tipe rambut yang berbeda-beda, namun apabila jarang keramas, maka kulit kepala akan menjadi berminyak dan lembab. Hal ini membuat rambut kita menjadi lepek dan mudah mengalami kerontokan. Terlalu sering keramas juga sebenarnya kurang baik karena kulit kepala akan kehilangan kekuatannya dalam menahan rambut. Setidaknya, kamu dapat keramas sebanyak 3 hingga 4 kali dalam seminggu.

Apa Penyebab Rambut Rontok
Apa Penyebab Rambut Rontok
Apa Penyebab Rambut Rontok
Apa Penyebab Rambut Rontok

Setelah mengetahui tentang apa saja yang membuat rambut rontok, kamu juga harus tahu cara mengatasi rambut rontok. Kamu dapat menggunakan minyak zaitun atau olive oil, keramas dengan teh hijau, memanfaatkan bagian putih kulit semangka, hingga menggunakan shampoo yang mengandung minyak kemiri. Dengan begitu, maka rambut alami dan indahmu dapat dipertahankan untuk mendapatkan penampilan sempurna. Itulah ulasan singkat tentang Apa Penyebab Rambut Rontok dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY