Jika anda sedang berkunjung ke Sulawesi Utara, masukkan kota Bitung dalam daftar tempat yang akan anda kunjungi. Di kota yang berjarak 45 kilometer dari Manado ini terdapat berbagai obyek wisata menarik dan beragam, mulai dari wisata alam, wisata sejarah dan, wisata bahari. Nah simak berikut daftar utama di kota Bitung sebagai referensi untuk anda yang tertarik mengunjungi kota dibagian utara pulau Sulawesi ini.

Selat Lembeh

selat lembeh @parameswari.net

Selat yang memiliki panjang 16 kilometer dengan lebar 1 sampai 2 kilometer ini memiliki 88 spot penyelaman yang tidak kalah indah dibanding dengan taman nasional laut Bunaken. Terdapat bermacam-macam biota laut yang akan menyajikan pemandangan yang menarik, termasuk ribuan jenis ikan seperti salah satunya oktopus yang hanya terdapat di Lembeh.

Pantai Serena

pantai serena @parameswari.net

Nah yang kedua tempat wisata yang hits banget adalah pantai Serena yang terletak di pulau Serena. Banyak orang yang berpendapat setelah mengunjungi pantai ini, pantai lainnya akan kalah menarik. Kalian dapat menyusuri pantai Serena dan melewati sebuah lubang kecil pada tebing dan anda akan dibikin kagum dengan keindahannya.

Selain itu nama pantai ini sangat unik, bila anda ingin sebuah ketenangan wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi karena pantai serena sangat sepi dan nyaman. Tekstur pasir pantai serena cenderung kasar serta ditambah dengan bebatuan kecil warna merah menyebar di sepanjang bibir pantai. Yang menyenangkan lagi, air lautnya masih bersih dan karangnya masih sangat bagus, terlihat alami.

Pelabuhan Bitung

pelabuhan bitung @parameswari.net

Pelabuhan Bitung merupakan pelabuhan terbesar di Sulawesi Utara yang menjadi tempat berlabuhnya berbagai jenis kapal, baik kapal penumpang, kapal kargo maupun kapal nelayan, dan juga terdapat dermaga khusus milik angkatan laut RI. Nah belum hits apabila anda berkunjung ke Sulawesi Utara, bila tidak mampir ke pelabuhan yang indah ini.

Monumen Trikora Mandala Sakti

monumen trikora @parameswari.net

Wisata menarik lainnya, ketika anda berkunjung ke kota Bitung, tidak ada salahnya jika anda menikmati wisata sejarahnya, salah satunya monument Trikora Mandala Sakti. Monument ini terletak di batu lubang tepian pulau lembah dan merupakan salah satu monument sejarah perang dunia 2.

Taman Margasatwa Tandurusa

taman tandurusa @parameswari.net

Taman yang terletak di Air Lembaga Bitung ini anda dapat menjumpai berbagai macam primata terkecil di dunia. Salah satunya yang merupakan monyet paling kecil yang hanya ada di pulau Sulawesi.

Pantai Batu Putih Taman Wisata Alam Tangkoko

pantai batu putih @parameswari.net

Pantai batu putih ini terletak di taman wisata alam, pantai berpasir putih kecoklatan ini masih menjadi bagian dari hutan lindung Tangkoko. Disamping pantai ini, terdapat penangkaran penyu, jadi bagi anda yang suka berpetualangan di hutan Tangkoko, pantai batu putih ini bisa menjadi pelepas lelah setelah trekking.

Pantai Batu Angus

pantai batu angus @parameswari.net

Jika tujuan anda ingin bersantai-santai di atas pasir putih, sepertinya pantai Batu Angus ini bukanlah pilihan yang tepat. Tapi janga sedih dulu, sisi lain dari keindahan alam Bitung terletak disini. setelah anda trekking sekitar 30 menit dari parkiran, anda akan merasakan lelah. Tapi setelah sampai ketempat tujuan anda akan disajikan hal yang menarik yaitu seluruh bibir pantai ditutupi oleh batu krikil hitam dengan berbagai bentuk.

Airnya sangat bersih, namun karena efek bebatuan dan pasir hitam warna airnya menjadi agak terlihat hitam. Selain itu ada muara di sisi barat pantai batu angus yang berbentuk secara alami karena lava dingin dari gunung Tangkoko.

Nah berikut di atas merupakan 7 tempat wisata menarik yang hits banget. Bisa anda jadikan sebagai referensi apabila sedang mengunjungi pulau Sulawesi.

LEAVE A REPLY