Osteoarthritis atau biasa disebut radang sendi lutut adalah jenis arthritis yang umum terjadi. Osteoarthritis terjadi karena bantalan alami antara tulang rawan dan sendi menghilang, sehingga menyebabkan persendian mengalami peradangan. Kondisi seperti ini bisa terjadi bertahun-tahun, atau karena cedera lutut, patah tulang lutut, cidera ligamen, meniskus robek atau infeksi. Osteoarthritis bisa menyerang di usia muda, tapi cenderung lebih berisiko saat memasuki usia 45 tahun. Apa saja gejala Osteoarthritis?

Osteoarthritis
Osteoarthritis

Rasa nyeri yang hilang-timbul

Anda mungkin kerap merasakan sakit pada lutut saat pagi hari, terasa nyeri saat menaiki tangga, ketika udara dingin, berlutut, atau berdiri dari posisi duduk.

Peradangan

Osteoarthritis biasanya akan menimbulkan peradangan secara periodik. Hal ini dikarenakan pembentukan tulang taji. Kulit di lutut Anda akan kemerahan dan hangat ketika disentuh.

Lutut terasa kaku

Seiring bertambahnya usia, otot lutut Anda semakin hari akan semakin melemah dan membuat struktur sendi jadi tidak stabil, sehingga Anda tidak bisa meluruskan atau menekuk lutut

Terdengar gemeretak saat lutut digerakan

Hal ini bisa terjadi ketika Anda kehilangan beberapa tulang rawan halus. Bunyi gemeretak tersebut dihasilkan dari pertemuan permukaan kasar dan tonjolan tulang yang bergesekan saat Anda menggerakan sendi.

Osteoarthritis
Osteoarthritis

Keterbatasan gerak

Saat radang sendi mulai memburuk, bisa membuat Anda semakin sulit untuk menggerakan lutut. Sehingga Anda akan mengalami masalah saat berjalan.

Kelainan bentuk lutut

Seiring perkembangan penyakit ini, Anda akan melihat perubahan pada lutut Anda yang disebut juga dengan deformitas. Kemungkinan lutut Anda menjadi terlihat cekung karena otot di sekitar lutut Anda melemah dan mengecil.

Osteoarthritis
Osteoarthritis

Cara mengobati Osteoarthritis?

Tujuan mengobati Osteoarthritis adalah untuk memperingan rasa sakit pada lutut sehingga Anda bisa beraktivitas dengan lancar karena bebas bergerak. Berikut ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Mengurangi berat badan.
  • Sering olahraga ringan untuk peregangan agar sendi lutut fleksibel karena tetap bergerak.
  • Beberapa obat anti inflamasi di apotek bisa menurunkan rasa nyeri, seperti analgesik, ibuprofen, aspirin atau naproxen sodium, namun jangan mengonsumsi obat-obatan di atas lebih dari 10 hari, sebaiknya sesuai dengan resep dokter.
  • Melakukan akupunktur, minum suplemen, mengoleskan krim topikal yang mengandung capsaicin juga bisa Anda lakukan.
  • Jika Anda kemudian mengalami hambatan melakukan aktivitas sehari-hari, sebaiknya Anda melakukan terapi okupasi dan terapi fisik.
  • Bila berbagai perawatan tersebut tidak menunjukkan ada perkembangan yang signifikan, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat pengobatan yang tepat. Biasanya dokter mungkin akan melakukan suntik kortikosteroid yaitu menyuntikkan asam hyaluronic ke lutut, atau tindakan operasi jika terbilang cukup parah.

LEAVE A REPLY