Selama satu dekade terakhir ini begitu banyak penemuan-penemuan di bidang teknologi maupun ilmu pengetahuan. Kemajuan teknologi semakin mendorong manusia untuk menggali lebih dalam ilmu pengetahuan demi kemakmuran hidup manusia, namun beberapa hal yang dilakukan oleh manusia justru menjadi penyebab ketidakseimbangan alam yang kita tinggali.

Berikut ini 5 penemuan terbesar dalam satu dekade terakhir

 

Gletser Di Beberapa TempatĀ  Mencair Lebih Cepat Dari Perkiraan

Dekade ini merupakan yang terpanas dari sepanjang peradaban manusia, hal ini membuktikan ada model iklim yang salah. Saat abad 21 baru dimulai para ilmuan telah meneliti iklim bumi dan memprediksi bahwa Ice Caps akan mencair secara perlahan di sekitar pinggiran hingga pemanasan global secara keseluruhan terjadi dan menghabiskan seluruh es.

Pencairan es tidak terbatas pada Kutub utara dan Antartika saja namun Gletser Eropa kini sudah memasuki dekade terakhir, salju Kilimanjaro yang terkenal bisa hilang sepenuhnya dan ketebalan salju di laut arktik menghilang dengan cepat. Air laut akan semakin naik dan menyebabkan banjir bahkan menenggelamkan pulau. Gunung gletser akan mengirim bermilyar-milyar liter air, bumi dengan es yang kurang akan menjadi sebuah masalah.

Permukaan Mars Memberikan Tanda Air

Tahun 2008 silam astronot NASA yang mendarat di planet Mars mengkonfirmasi keberadaan air dan tanda senyawa organik. Belakangan ini Mars Exploration Rovers menemukan mineral petunjuk keberadaan air kuno, namun bukti air modern masih sulit dipahami. Kemudian astronot NASA menggali untuk mencari sampel analisis, selama menggali kamera onboard terus mengawasi dan keesokan harinya ternyata serbuk putih yang dianggap sebagai sampel menghilang sehingga dapat dipastikan benda tersebut adalah es. Hal ini menyebabkan ilmuan untuk terus mencari kemungkinan adanya organisme yang hidup karena menggunkan air dari es tersebut.

Manusia Bergabung Dengan Mesin (Cybrog)

Dalam satu dekade terakhir ini banyak sekali kemajuan di bidang teknologi, komputer dan kaki robot kini mampu dikendalikan dengan pikiran manusia. Suatu hari neurochip bisa mengembalikan fungsi motorik pada pasien lumpuh. SekarangĀ  saja penelitian yang dilakukan oleh MIT Media Lab Eropa sudah mengembangkan metode-non invasif untuk mengangkat gelombang. Pada tahun 2004 untuk pertama kalinya sinyal digunakan untuk mengendalikan gerakan pemain pada video game komputer.

Eksistensi Benda Gelap Telah Ditemukan

Pada tahun 2006 silam para astronom telah mengumumkan hal yang membantu manusia memahami kosmos sedikit lebih baik. Para astronom memiliki bukti langsung akan keberadaan benda gelap. Bukti yang pernah terjadi sebelumnya berasal dari inti gas dan bintang yang terlempar sehingga menghancurkan dua kelompok besar galaksi di Bullet Cluster.

Sampai saat itu keberadaan materi gelap disimpulkan bahwa galaksi hanya memiliki seperlima dari hal yang bisa menyebabkan gravitasi menjadi utuh. Penelitian dari Bullet Cluster secara resmi dikenal sebagai cluster galaksi 1E0657-56 tidak mampu menjelaskan materi gelap.

Nenek Moyang Simpanse Terbaru Telah Ditemukan

Tahun 2002 para peneliti di Chad menggali tengkorak berusia 7 juta tahun Sahelanthropus Tchadensis yang dikenal sebagai Toumai. Hanya tulang tengkoraknya saja yang ditemukan sehingga belum bisa dipastikan apakah Toumai berjalan dengan tegak memakai kaki.

Kemudian pada tahun 2009 juga ditemukan kerangka yang hampir lengkap berasal dari Ramidus Ardipithecus (Ardi) di Ethopia Timur. Ardhi bisa berjalan dengan kedua kaki, namun juga pemanjat yang terampil. Giginya mampu memakan segala jenis makanan dan ilmuan berpendapat bahwa jika penelitian mereka benar maka Ardhi merupakan nenek moyang paling terakhir dari simpanse.

Semoga informasi tentang temuan ilmu pengetahuan ini dapat menambah wawasan ilmu anda.

LEAVE A REPLY