Jika berbicara tentang perkembangan dunia fashion maka tidak akan ada habisnya. Karena perkembangan dunia fashion sekarang ini setiap tahunnya selalu berubah – ubah. Hal ini dilakukan oleh para designer kita yang jumlahnya semakin banyak selain itu karena perkembangan jaman dan masyarakat kita saat ini sudah pintar didalam memadupadankan gaya mereka sesuai dengan keinginan mereka.

Akan tetapi tidak semua orang bisa sesuai didalam mengikuti trend fashion yang sedang terjadi. Kebanyakan dari mereka juga hanya ikut – ikutan tren karena beranggapan biar keren dan up to date. Lalu apakah dampak yang ada jika kita terlalu memaksakan tren? Berikut 8 akibat yang berdampak bagi Anda jika Anda hanya ikut – ikutan tren berpakaian yang memaksakan:

Membahayakan Kesehatan 

Seperti yang kita ketahui trend pakaian saat ini seperti Skinny Jeans atau celana jeans yang ketat banyak diminati oleh para remaja dengan alasan badan akan terlihat ramping dan kaki terlihat semakin jenjang.

Akan tetapi perlu Anda ketahui celana yang berbahan jeans super ketat ini dapat membahayakan bagi kesehatan seperti dapat menimbulkan ketegangan pada bagian persendian dan ketegangan berlebih pada punggung Anda.

Tanpa Disadari dapat Menyebabkan Bau Badan

Jika kita hanya mengikuti tren berpakaian hanya ingin tampil keren, sampai harus terus memakai pakaian yang serba ketat selain dapat mengganggu bagi kesehatan Anda juga bisa menyebabkan bau badan.

Ketika Anda beraktivitas padat setiap harinya, tanpa kita sadari  hal ini dapat memicu ketegangan pada otot dan jika semakin parah karena penggunaan pakaian ketat otomatis badan akan terasa lebih sesak serta sempit hal itu membuat keluarnya keringat akan semakin cepat. Hal ini dapat membuat badan terasa bau karena aktivitas sepanjang hari ditambah lagi dengan menggunakan pakaian yang serba ketat.

Menguras Isi Kantong

Mengikuti tren fashion hanya karena menuruti keinginan maka dapat menguras habis – habisan isi kantong. Apalagi jika membelinya tanpa melihat apakah sesuai dengan Anda atau tidak. Karena tren fashion yang biasanya orang sebut dengan istilah yang lagi nge-hits belum tentu sesuai dengan Anda.

Pastikan sebelum membelinya lihat dulu jenis pakaian yang sesuai dengan tubuh Anda seperti apa. Selain itu janganlah terlalu memaksakan kehendak hanya karena mengikuti trend. Cukup membeli dengan budget yang ada tidak perlu mengikut – ikuti trend biar kekinian.

Dapat Menyebabkan Depresi

Rasa ingin seperti mereka dan terus ingin mengikuti trend fashion yang berlebih dapat menyebabkan depresi. Hal ini karena didalam hati selalu ingin menjadi “seperti mereka” tetapi tidaklah semua orang bisa melakukannya.

Oleh karena itu hati akan terasa sesak dan terus memendam keinginan hal inilah yang memicu sumber penyakit bagi pikiran Anda, dan jika terus – terusan berlanjut maka dapat menyebabkan depresi.  

Hilangnya Budaya Bangsa

Perkembangan tren fashion yang terus menerus berubah membuat masyarakat selalu mengikuti tren tersebut. Akan tetapi terkadang karena rasa inginnya kita mengikuti trend tersebut, membuat orang sampai melupakan akan pentingnya budaya bangsa sendiri.

Tren pakaian bikini di pantai saat ini sangat banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, padahal asal mula pakaian bikini itu dari budaya luar. Akan tetapi karena perkembangan jaman dan trend tersebut membuat masyarakat lupa akan budaya Indonesia yang sebenarnya.

Tidak hanya berpakaian bikini di pantai saat ini Masyarakat sudah banyak yang mengenakan pakaian berani untuk keseharian mereka misal di tempat pembelanjaan, tempat nonton, dan nongkrong.

LEAVE A REPLY