Sekolah menengah kejuruan merupakan lembaga pendidikan formal yang mencetak tenaga ahli terampil di bidang tertentu. Salah satu bidang yang menjadi jurusan favorit di sekolah kejuruan adalah jurusan penerbangan. Sekolah-sekolah SMK yang memiliki fokus pendidikan di penerbangan selalu menjadi sasaran bagi siswa-siswa lulusan SMP. Tak terkecuali dengan sekolah penerbangan di Medan.

Medan yang menjadi ibukota dari Sumatera Utara ini ternyata memiliki beberapa sekolah kejuruan yang fokus jurusannya ada pada pendidikan penerbangan. Dalam sekolah penerbangan, sebenarnya masih terdapat beberapa sub pendidikan yang biasanya difokusi, seperti pilot, engineer, attendant flight, bandara crew, dls. Setiap SMK sekolah penerbangan di Medan mengajarkan sub pendidikan yang bisa jadi ada perbedaan pada masing-masingnya. Pemilihan sub pendidikannya tergantung dari visi dan misi masing-masing sekolah.

Oleh sebab itu, para siswa yang ingin masuk ke sekolah penerbangan, tinggal memilih dan menyesuaikan pada bidang atau sub bidang yang diminati. Berikut ini beberapa sekolah penerbangan di Medan yang favorit dan selalu menjadi pijakan pendidikan bagi yang ingin berkarir di bidang penerbangan (air flight) :

  1. SMK Taruna Tekno Nusantara
Sekolah Penerbangan di Medan
Sekolah Penerbangan di Medan

SMK Taruna Tekno Nusantara atau SMK TTN merupakan sekolah penerbangan di Medan yang berbasis Taruna, Penerbangan, Komputer dan Enterpreunership. Prospek karir yang dijanjikan dari lulusan sekolah ini diantaranya adalah pramugari/pramugara, staff maskapai penerbangan, serta pilot pesawat. Sekolah ini juga menyediakan asrama bagi para peserta didik yang mungkin berasal dari tempat yang jauh sehingga butuh tempat tinggal untuk menginap. Sekolah ini beralamat di Jalan Karya Jaya (Dekat Simp. Eka Rasmi) Komplek Karya Jaya Shafira No. 196, Gedung Johor, Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara. Memiliki 2 jurusan utama yang dikembangkan ke arah bidang penerbangan yakni rekayasa perangkat lunak dan teknik jaringan komputer, SMK TTN siap berpacu menyiapkan SDM penerbangan masa depan.

  1. SMK Manajemen Penerbangan
Sekolah Penerbangan di Medan
Sekolah Penerbangan di Medan

SMK Manajemen Penerbangan merupakan sekolah penerbangan di Medan yang memiliki 4 fokus jurusan yaitu, administrasi perkantoran, usaha perjalanan wisata, rekayasa perangkat lunak, dan air powerplan. Profil lulusan yang dijanjikan adalah akses untuk dapat menjadi pramugari/a, pilot serta staf airlines. Sekolah ini beralamat di Jl. Menteng Raya No.175 A, Binjai, Medan Denai, Kota Medan, Sumatera Utara. Terdapat beberapa sistem seleksi yang dilakukan oleh sekolah untuk menentukan peserta didik yang cocok dengan jurusan-jurusan yang ada pada sekolah ini.

  1. SMK Penerbangan Angkasa Nasional
Sekolah Penerbangan di Medan
Sekolah Penerbangan di Medan

SMK Penerbangan Angkasa Nasional atau SPAN berlokasi di Jalan Paduan Tenaga No. 12, Petisah Tengah, Medan Petisah, Kotamatsum III, Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara. Dua jurusan yang menjadi andalan sekolah ini adalah Airframe and Powerplant Maintenance dan Avionic Electrical Instrument Maintenance. SPAN sendiri adalah sekolah penerbangan di Medan dengan banyak relasi kemitraan yang terjalin. Beberapa diantaranya seperti Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia Jakarta, PT. Aero Nusantara Indonesia (ANI) Pondok Cabe Jakarta, PT. Air Asia Benhard Selangor Malaysia, Pusdik Penerbangan TNI AD, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kekuatan jaringan ini menjadi keunggulan tersendiri yang ditawarkan oleh sekolah untuk bisa menghasilkan profil lulusan yang memiliki akses tinggi untuk berkarir di bidang penerbangan.

Sekolah yang baik tentu akan memberikan proses pendidikan yang baik, dan proses pendidikan yang baik merupakan jaminan untuk mendapatkan keterampilan yang baik pula. Sehingga, 3 sekolah penerbangan di Medan terpopuler yang telah diinformasikan diatas bisa menjadi pilihan untuk mengaktuskan minat dan cita-cita berkarir dalam bidang penerbangan.

Incoming search terms:

LEAVE A REPLY